Cara Mudah Mengetahui Ponsel Android Asli atau Palsu

Ad

VersiAndroid.com – Cara Mudah Mengetahui Ponsel Android Asli atau Palsu/KW/Replika – Sahabat sekalian gencarnya pemakaian ponsel ponsel smartphone di tanah air berdampak positif bagi komunikasi dan sarana hiburan bagi masyarakat, Ponsel Ponsel Android dengan segala merek dengan gagahnya trus masuk ke pasar tanah air. Namun dibalik itu ada sedikit masalah yang melanda, yakni banyak ponsel ponsel android kw atau palsu atau replica, jadi hendaknya kita mengentahui cara mengetahui ponsel android itu asli, atau aspal, KW, palsu atau replika.

Cara Mudah Mengetahui Ponsel Android Asli atau Palsu

Cara Mudah Mengetahui Ponsel Android Asli atau Palsu

Cara Pertama Melakukan Tes IMEI

Buka menu dial(panggilan) lalu ketikan *#06# maka akan muncul sederetan angka yang merupakan nomor imei ponsel kalian. (Ponsel dual SIM memiliki 2 imei). Selain itu mengecek IMEI bisa dengan melihat nomor imei yang ada di belakang body ponsel (Buka dulu penutup baterai dan baterainya) serta bisa dilihat di dusbook pembelian)

Lalu mengetahui nomor IMEI lalu masuklah ke link berikut:

  • http://www.numberingplans.com/?page=analysis&sub=imeinr

Ketikan nomor imei, lalu akan muncul detail dari ponsel anda. Hp Samsung Asli di balik baterai ada Segel Hologram bertuliskan SEIN. Selain itu, untuk mengecek keaslian hp samsung, caranya download software KIES lalu diinstall di komputer kemudian hubungkan hpnya ke komuter melalui kabel usb dan buka software KIES, Sp Samsung Asli sudah pasti akan terdeteksi kodenya di software KIES. Cara lain : Buka panggilan/dial, lalu tekan kode *#0*# Smartphone Samsung asli akan muncul test mode.

Android anda sudah pasti bukan replika apabila telah melakukan semua tes diatas, dan hasilnya benar/sesuai dengan hp aslinya. Hp yang dibeli di gerai/dealer resmi sudah pasti hp asli. Android replika terkadang memiliki status bar yang berbeda. Hampir sebagian besar hp china/lokal, dan termasuk hp replika menggunakan CPU/Processor MTK dan saat tulisan ini ditulis tidak ada hp Samsung/HTC/Motorola/Sony(kecuali Sony XperiaC) yang menggunakan cpu/processor MTK. Dan untuk mengetahui tipe CPU/Processor, kalian bisa mengetesnya melalui aplikasi CPU-Z.

Cara Kedua Menggunakan Sample Camera

Cobalah kalian memotret menggunakan kamera Android anda, kemudian hasilnya cek di komputer (Windows). Klik kanan file fotonya, klik properties, klik summary, klik advanced. Perhatikan pada bagian “Equpment Make” dan “Camera Model”

Cara Ketiga Menggunakan AnTuTu Bechmark

Antutu benchmark merupakan sebuah aplikasi yang mengukur performa Android anda sekaligus mencatat spesifikasi android anda.

Lakukan serangkaian test lalu lihatlah pada bagian Authenticated dan System Info. Untuk yang System Info, perhatikanlah spesifikasinya lalu cobalah bandiingkan spesifikasi lengkap hp yang bisa dicari di www.gsmarena.com. Banyak HP Samsung Galaxy S4/S5/Note3 Supercopy yang sudah langsung terinstall AnTuTu Benchmark / CPU-Z, bahkan informasi yang ditunjukan di AnTuTU/CPU-Z dimanipulasi. Jadi jika ketika membeli, ternyata sudah langsung terpasang aplikasi ATuTu/CPU-Z dan kedua aplikasi itu tidak dapat dihapus, maka hp itu 100% Supercopy

Pada antutu benchmark hp replika akan terdeteksi sebagai ‘Unknown Device’

Cara Ketiga1. Bukalah website http://apps.opera.com/
Scroll ke bagian bawah halaman, maka akan terlihat nama hp androidanda:
Jika android anda merupakan ponsel android lokal/china (tak terkecuali replika) maka muncul tulisan “Your device is Android Generic Android “. Sony Xperia apabila dicek melalui cara ini juga tertulis “Your device is Android Generic Android ” Hal ini karena negara perakit Sony dari China juga.

Demikianlah artikel mengenai Cara Mudah Mengetahui Ponsel Android Asli atau Palsu/KW/Replika, semoga artikel ini tentunya dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua

Baca juga artikel terkait : 10 Hari menggunakan kamera ponsel anda

Ad